Cara Memelihara Kucing Persia Untuk Pemula

Kucing merupakan hewan yang banyak di cintai, sekaligus di benci. Ini fakta ya. Kucing memiliki beragam jenis ras dengan ciri khas masing-masing. Salah satu ras kucing yang banyak di minati untuk di pelihara adalah kucing persia.

Kucing persia mungkin menjadi yang paling populer di seluruh dunia. Kucing persia memiliki bulu-bulu yang lebat dan halus, dengan wajah moncong pendek dan bentuk bulat, kucing ini terbilang hewan yang penurut dan tidak terlalu agresif.

Kucing ini pertama kali di temukan di wilayah persia atau sekarang di kenal dengan negara iran. Dan kucing ini mulai di kenal luas pada tahun 1620 oleh cat lovers italia. Pada abad ke 19, kucing ras persia mulai di kembangbiakan di britania raya dan amerika serikat setelah berakhir nya perang dunia kedua.

Nah, jika kamu tertarik memelihara kucing yang lucu tersebut, kamu harus mengetahui beberapa tips berikut yang akan kami berikan untuk mu. Apa saja tips nya?

Cara Memelihara Kucing Persia Untuk Pemula
Cara Memelihara Kucing Persia Untuk Pemula

Cara Memelihara Kucing Persia Untuk Pemula

Simak penjelasan artikel di bawah ini tentang cara memilihara kucing Persia terutama untuk orang yang baru pertama kali memelihara kucing jenis ini.

1. Tempat tinggal

Hal paling mendasar yang harus kamu lakukan ketika ingin memelihara kucing jenis apapun adalah menyiapkan tempat tinggal. Apalagi untuk jenis kucing persia, kamu harus menyiapkan tempat tinggal yang nyaman untuk sang kucing. Kamu bisa menggunakan kandang dari besi sebagai tempat mereka tinggal. Jika kucing yang kamu pelihara masih berumur dua bulan kurang, ada baik nya menaruh tempat tersebut yang terhindar dari udara dingin, karena kucing usia tersebut masih rentan dan tidak kebal terhadap dingin nya udara, dan belum memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

2. Lingkungan kandang

Kandang Kucing Persia
Kandang Kucing Persia

Setelah kamu memilih tempat tinggal untuk kucing, hal yang harus kamu perhatikan adalah lingkungan di sekitar kandang tersebut. Pastikan terhindar dari hewan-hewan seperti anjing, tikus atau kucing dari ras lain. Hal ini di karenakan untuk menghindari kucing persia mudah stress. Perhatikan juga kebersihan kandang, ketika telah banyak kotoran, langsung di bersihkan. Agar kandang tersebut selalu bersih dan membuat kucing tetap nyaman.

3. Makan dan minum

Makan dan minum kucing persia

Percuma kamu menyediakan kandang yang bagus dan nyaman untuk kucing jika kamu tidak memberikan kucing mu makan dan minum. Maka dari itu, di dalam kandang itu sediakan tempat untuk makan dan minum si kucing. Jika kamu memilihara satu kucing, maka kamu hanya memerlukan masing-masing satu wadah untuk makan dan minum. Namun jika kamu memelihara lebih dari satu, maka kamu harus menyediakan wadah yang lebih besar dan sekiranya bisa mencukupi untuk mengisi makanan dan minuman untuk semua kucing mu.

Makanan untuk kucing persia sendiri adalah jenis makanan yang mengandung protein tinggi semisal ikan, jika kucing tidak mau makan, berikan daging dan beberapa makanan lain. Jangan memberikan makan kucing dengan makanan yang mengandung karbohidrat, semisal mie atau nasi.

Ada baik nya kamu memberikan makanan untuk kucing dengan makanan yang telah di siapkan oleh produsen makanan kucing semisal dry food atau wet food. Dua makanan tersebut mengandung nutrisi yang di butuhkan oleh kucing persia mu.

4. Tempat buang kotoran

Tempat buang kotoran kucing persia
Tempat buang kotoran kucing persia

Kucing senang sekali membuang kotoran nya di tempat yang kering. Maka sediakan dalam kandang tersebut pasir untuk tempat kucing membuang kotoran nya. Ada baik nya ruang yang berisi pasir tersebut sedikit lebar, agar kucing bisa menguburkan kotoran tersebut sesuai dengan insting yang mereka miliki. Kucing tak perlu di ajari cara mengubur kotoran, karena mereka memiliki insting sendiri.

Itulah beberapatips memelihara kucing jenis persia. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.